1.
PENDAHULUAN
Menurut Les Robinson yang terkenal
lewat teori social marketing ada dua aspek, “The Seven Door Approach”, yaitu perkembangan masyarakat (community development) dan pendidikan (education). Social marketing atau pemasaran sosial pada intinya adalah upaya
mengubah pandangan dan perilaku masyarakat melalui perubahan sosial.
Social Marketing
Entrepreneur slogan pemberdayaan masyarakat yang
implementasinya memberikan keberdayaan masyarakat mengaktualisasikan ide,
gagasan, berkarya dan berkembang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Invinting Gaverment (kebijakan
pemerintah) berperan pendampingan melalui kebijakan yang diteruskan melalui
kemitraan. Social Marketing ditinjau dari kata marketing (pemasaran) yang dalam organisasi nirlaba dikenal dengan
konsep marketing mix yaitu product,
promotion, praice dan place. Social Marketing ditinjau dari kata social (sosial) memiliki arti masyarakat
yang terdiri dari berbagai kelompok memiliki latar belakang budaya beragam. Social marketing (pemasaran soisial)
memiliki konsep 6P, yaitu; product
(produk), promotion (promosi), praice (harga), Place (tempat/distribusi), partnership
(kemitraan) dan policy (kebijakan). Devinisi entrepreneur (kewirausahaan) adalah keberanian mandiri berkarya, tidak
ketergantungan lapangan pekerjaan untuk pemenuhan kebutuhan, melalui
kreatifitas dan inovasi menjadikan aspirasi untuk kesuksesannya, Social marketing entrepreneur bertujuan pemberdayaan masyarakat menjadi entrepreneurship jitu berkarya membangun
Jombang. Wujud tersebut adalah leader
entrepreneur yang memiliki kemampuan
menopang pembangunan ekonomi Jombang, karena padadasarnya otonomi daerah adalah
pemerintahan entreprneur.
Social
marketing leader entrepreneur menjadi prioritas digalakkan untuk
menciptakan entrepreneurship yang
memiliki kemampuan mandiri, memiliki kebebasan berinovasi dalam berkarya yang
di su-port pemerintah melalui kemitraan dan kebijakan agar memiliki kekuatan
dan kehandalan untuk kesejahteraan daerah. Kebijakan pembangunan dalam jangka
pendek, menengah dan panjang dibutuhkan entrepreneurship yang handal, memiliki
dayasaing responsif terhadap pergerakan ekonomi dan pasar. Social marketing entrepreneur menjadikan slogan utama menjaring
calon entrepreneurship handal.
2.
VISI MISI
A. Visi
Pemberdayaan
Masyarakat Leader Entrepreneur
Mensukseskan Jombang Oke
B. Misi
1. Mencerdaskan masyarakat yang memiliki
kemampuan kewirausahaan
2. Pemberdayaan masyarakat melalui
pelatihan kepemimipinan wirausaha
3. Mencetak leader entreprener sebagai
wujud kepedulian membentuk pemimipin memiliki
jiwa kepemimpinan wirausaha yang kreatif dan inovasi
4. Mensukseskan program pemerintah otonomi
daerah berorentasi pemerintahan kewirausahaan
5. Mensukseskan pembangunan Jombang melalui
pemberdayaan masyarakat berorentasi kewirausahaan
3.
TUJUAN DAN MANFAAT
A. Tujuan
1. Pemberdayaan mayarakat kewirausahaan
dalam wadah “Jombang Oke” program Info |
Publik Penelitian Pengembangan Entrepreneur. Implementasi kegiatan adalah
berbentuk Pemberdayaan masyarakat kewirausahaan untuk mensukseskan otonomi
daerah.
2. Memberdayakan mastarakat berdasarkan
kemampuan, kemamfaatan lingkungan diproses menjadikan keluaran yang bermanfaat berupa nilai
keuntungan yang didapat berbentuk nilai jual
3. Memberdayakan masyarakat agar memiliki
kemampuan daya kreatifitas dan inovasi dengan mengasah kemampuan bakat yang
dimiliki
4. Memberdayakan masyarakat agar memiliki
kepekaan sosial, dalam membentuk usaha memiliki nilai ekonomi kekeluargaan
5. Memberdayakan masyarakat melalui
kreatifitas dan inovasinya, diharapakan tidak memiliki ketergantungan pada
lapangan pekerjaan. Memiliki kemampuan membentuk usaha mandiri berupa UKM
(Usaha Kecil Menengah) dan IKM (Industri
Kecil Menengah)
6. Memberdayakan masyarakat memiliki
kemampuan berorganisasi mewujudkan ekonomi kekeluargaan berupa koperasi
B. Manfaa Program Jombang Oke Bagi
Masyarakat dan Pemerintah
1. Dengan adanya pemahaman kewirausahaan
melalui program Jombang Oke, diharapakan masyarakat responsip terhadap segala
perkembangan ekonomi
2. Melalui program Jombang Oke ekonomi
masyarakat memiliki kehandalan
3. Melalui program Jombang Oke diharapkan
dapat membawa percepatan dan pemerataan pembangunan ekonomi
4. Melalui program Jombang Oke pertumbuhan
ekonomi dan indek pembangunan manusia meningkat secara merata
5. Melalui program Jombang Oke, diharapkan
dapat sebagai bahan pertimbangan kebijakan pemerintah
0 komentar:
Posting Komentar