1.    PENDAHULUAN
            Menurut Les Robinson yang terkenal lewat teori  social marketing ada dua aspek, “The Seven Door Approach”, yaitu perkembangan masyarakat (community development) dan pendidikan (education). Social marketing atau pemasaran sosial pada intinya adalah upaya mengubah pandangan dan perilaku masyarakat melalui perubahan sosial.
Social Marketing Entrepreneur slogan pemberdayaan masyarakat yang implementasinya memberikan keberdayaan masyarakat mengaktualisasikan ide, gagasan, berkarya dan berkembang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Invinting Gaverment (kebijakan pemerintah) berperan pendampingan melalui kebijakan yang diteruskan melalui kemitraan. Social Marketing ditinjau dari kata marketing (pemasaran) yang dalam organisasi nirlaba dikenal dengan konsep marketing mix yaitu product, promotion, praice dan place. Social Marketing ditinjau dari kata social (sosial) memiliki arti masyarakat yang terdiri dari berbagai kelompok memiliki latar belakang budaya beragam. Social marketing (pemasaran soisial) memiliki konsep 6P, yaitu; product (produk), promotion (promosi), praice (harga), Place (tempat/distribusi), partnership (kemitraan) dan policy  (kebijakan). Devinisi entrepreneur (kewirausahaan) adalah keberanian mandiri berkarya, tidak ketergantungan lapangan pekerjaan untuk pemenuhan kebutuhan, melalui kreatifitas dan inovasi menjadikan aspirasi untuk kesuksesannya, Social marketing entrepreneur bertujuan pemberdayaan masyarakat menjadi entrepreneurship jitu berkarya membangun Jombang. Wujud tersebut adalah leader entrepreneur yang memiliki kemampuan menopang pembangunan ekonomi Jombang, karena padadasarnya otonomi daerah adalah pemerintahan entreprneur.
            Social marketing leader entrepreneur menjadi prioritas digalakkan untuk menciptakan entrepreneurship yang memiliki kemampuan mandiri, memiliki kebebasan berinovasi dalam berkarya yang di su-port pemerintah melalui kemitraan dan kebijakan agar memiliki kekuatan dan kehandalan untuk kesejahteraan daerah. Kebijakan pembangunan dalam jangka pendek, menengah dan panjang dibutuhkan  entrepreneurship yang handal, memiliki dayasaing responsif terhadap pergerakan ekonomi dan pasar. Social marketing entrepreneur menjadikan slogan utama menjaring calon entrepreneurship handal.

2.    VISI MISI
A.    Visi
Pemberdayaan Masyarakat Leader Entrepreneur Mensukseskan Jombang Oke
B.     Misi
1.      Mencerdaskan masyarakat yang memiliki kemampuan kewirausahaan
2.      Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan kepemimipinan wirausaha
3.      Mencetak leader entreprener sebagai wujud kepedulian membentuk pemimipin memiliki  jiwa kepemimpinan wirausaha yang kreatif dan inovasi
4.      Mensukseskan program pemerintah otonomi daerah berorentasi pemerintahan kewirausahaan
5.      Mensukseskan pembangunan Jombang melalui pemberdayaan masyarakat berorentasi kewirausahaan

3.    TUJUAN DAN MANFAAT
            A.    Tujuan
1.    Pemberdayaan mayarakat kewirausahaan dalam wadah “Jombang Oke” program  Info | Publik Penelitian Pengembangan Entrepreneur. Implementasi kegiatan adalah berbentuk Pemberdayaan masyarakat kewirausahaan untuk mensukseskan otonomi daerah.
2. Memberdayakan mastarakat berdasarkan kemampuan, kemamfaatan lingkungan diproses menjadikan  keluaran yang bermanfaat berupa nilai keuntungan yang didapat berbentuk nilai jual
3.  Memberdayakan masyarakat agar memiliki kemampuan daya kreatifitas dan inovasi dengan mengasah kemampuan bakat yang dimiliki
4.   Memberdayakan masyarakat agar memiliki kepekaan sosial, dalam membentuk usaha memiliki nilai ekonomi kekeluargaan
5.  Memberdayakan masyarakat melalui kreatifitas dan inovasinya, diharapakan tidak memiliki ketergantungan pada lapangan pekerjaan. Memiliki kemampuan membentuk usaha mandiri berupa UKM (Usaha Kecil Menengah)  dan IKM (Industri Kecil Menengah)
6. Memberdayakan masyarakat memiliki kemampuan berorganisasi mewujudkan ekonomi kekeluargaan berupa koperasi

            B.     Manfaa Program Jombang Oke Bagi Masyarakat dan Pemerintah
1. Dengan adanya pemahaman kewirausahaan melalui program Jombang Oke, diharapakan masyarakat responsip terhadap segala perkembangan ekonomi
2.      Melalui program Jombang Oke ekonomi masyarakat memiliki kehandalan
3. Melalui program Jombang Oke diharapkan dapat membawa percepatan dan pemerataan pembangunan ekonomi
4. Melalui program Jombang Oke pertumbuhan ekonomi dan indek pembangunan manusia meningkat secara merata
5.  Melalui program Jombang Oke, diharapkan dapat sebagai bahan pertimbangan kebijakan pemerintah

0 komentar:

Posting Komentar